Sabtu, 13 November 2010

Menghapus Jejak URL tertentu yang Tersimpan pada Address Bar

Ada beberpa pertanyaan yang pernah masuk yang menanyakan tentang bagaimana menghapus beberapa (tidak seluruhnya) history atau jejak alamat website yang biasanya akan muncul pada address bar ketika akan mengetikkan URL. Saya sendiri kurang lebih sama dengan penanya-penanya tersebut, memanfaatkan fasilitas penyimpanan alamat website yang pernah diketikkan atau diakses sebelumnya, terutama fitur auto complete yang dimungkinkan, namun pada saat tertentu sambil lalu saya menghapus atu atau beberapa alamat agar berikutnya tidak lagi muncul terutama URL-URL yang alamat utama websitenya sudah ada. Tentu saja tujuan menghilangkan sebagian URL ini dapat bermacam-macam tergantung penggunanya.

Tulisan ini hanya menyakut cara menghapus sebagian URL history pada browser Mozilla Firefox dan Internet Explorer.
Mozilla Firefox
Untuk menghapus sebagian jejak website yang pernah diakses sebelumnya yang muncul  pada address bar Mozilla Firefox, caranya sangat mudah: Buka daftar URL website melalui fasilitas dropdown address bar, arahkan dengan tombol panah atas atau bawah pada keyboard, dan pada alamat website yang akan dihapus, gunakan tombol [Delete]. Semudah itu.
Microsoft Internet Explorer
Untuk melakukannya pada Internet Explorer, ini akan sedikit merepotkan karena dilakukan dengan mengedit registry. Dan seperti umumnya tips dan trik terkait editing registry, disarankan untuk melakukan backup registry terlebih dahulu.
Untuk masuk registry editor, klik Start – Run. Ketikkan regedit dan klik OK. Kemudian telusuri pada regedit key berikut pada registry editor
HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Internet Explorer\TypedURLs dan pada panel sebelah kanan ada daftar key url1, url2, dan seterusnya dengan nilai berisi alamat-alamat website dan juga file lokal yang pernah diakses dengan Internet Explorer. Selanjutnya pilih alamat-alamat website yang akan dihapus dengan klik kanan pada baris tersebut dan pilih Delete.
Nah tiba bagian repotnya, setelah sebagian alamat website sudah dihapus, pastikan alamat-alamat tersisa mempunyai nama berurut seperti sebelumnya url1, url2, dan seterusnya. Tips dari saya, setiap kali menghapus satu baris ingat nama urlx-nya, kemudian perhatikan urly dimana y nilai terbesar yang ada pada daftar kemudian ubah nama urly menjadi urlx.
Browser Lain
Saya sendiri belum mengetahui bagaimana melakukannya di Opera, Safari, atau browser lainnya. Jika Anda mengetahuinya, silahkan tuliskan melalui komentar.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger